Formasi Favorit PES 2013

Formasi apakah yang sering kamu pakai di PES 2013? 4-3-3, 4-2-2, 4-5-1, 3-5-2? Untuk mendukung formasi yang kamu terapkan, taktik apa yang kamu gunakan, Standard, All-out Attack, All-out Defance, Possession Game, Long Ball atau Quick Counter? Mungkin semua formasi itu benar, tapi mungkin juga semua formasi itu salah. Seperti orang bilang, sepak bola itu tidak seperti matematika, yang bisa diselesaikan di atas kertas. Lalu formasi apa yang harus digunakan? Saya juga tidak tahu.

Menurut saya, dalam menentukan formasi terbaik dan cocok dengan kita, ada beberapa hal yang harus di perhatikan:
  1. Tim yang digunakan
  2. Selera pemain itu sendiri
  3. Level pertandingan yang dimainkan
Mau tidak mau, walaupun selera kita adalah All-out Attack, tapi tim yang kita gunakan tidak mempunyai pemain yang tidak bisa mendukung taktik tersebut, maka kita harus bisa menyesuaikannya. Tapi jika kamu mau berjudi dan siap dipermalukan dengan skor 1 lusin kamu bisa melakukan formasi sesuka kamu.

Seperti di PES 2012, di PES 2013 disedikan 4 Formasi, jadi agan bisa punya 3 formasi cadangan, agan bisa menggantinya dengan cepat saat pertandingan berlangsung tanpa harus ke menu Game Plan. Biasanya cara untuk mengubah Formasi 1 ke 2 ditekan tombol Start .

Beberapa waktu lalu, saya melakukan polling melalui blog ini. Waktu polling itu ± 2 bulan. Dan hasilnya seperti yang tampak pada gambar di samping, 45% memilih 4-3-3 sebagai formasi fovorit. 4-2-2 menempati urutan ke-2 dengan porsentase 20%, di ikuti 4-1-2-3 dengan porsentase 15%, kemudian yang memilih formasi Lainnya adalah 12%, 3-4-3 dengan 4% dan yang terakhir adalah 5-1-2-1-1 dengan porsentase 2%.

Sebenarnya, favorit saya adalah 3-5-2 dengan taktik All-out Attach, sekilas itu memang terlihat extreme dan agak sedikit bodoh, memang saya sangat riskan untuk kemasukan banyak gol, tapi biasanya saya menggunakan formasi itu hanya saat tertinggal di leg pertama UCL, untuk pertandingan lainnya, biasanya saya menyesuaikan dengan kondisi tim.

Sekarang giliran kamu, apakah formasi favorit kamu, share di sini dong...

3 comments

  1. kadang kalo ane maen ada yang bentuk formasinya ane banget kaya piramind

    BalasHapus
  2. pes 2013 itu lebih bagus pake formasi barca..tiki takanya mantap..kuasain ball possesionnya..jgn2 tiki taka lahir dari pes..

    BalasHapus

Tulis komentar kamu pada kolom di bawah ini

 
© 2014 PES Hybrid
Designed by Lubie Blogger