PES 2013 Editing: Mengganti Soundtracks

Saya rasa, soundtrack PES 2013 tahun ini sangat membosankan. Hanya ada satu lagu yang cukup akrab di telinga kita, apalagi kalau bukan Ai se eu te pego yang di nyanyikan oleh Michel Teló.

Tidak seperti versi PES yang sebelumnya, banyak lagunya yang enak untuk di dengarkan. Untung kita bisa mengganti soundtrack PES 2013 dengan lagu kesukaan kita.

Tak usah banyak basa-basi lagi, berikut langkah-langkahnya.
  1. Kamu membutuhkan sebuah tool kecil yang bernama PES Sound File Converter, kalau belum punya kamu bisa men-download nya di sini.
  2. Convert lagu yang kamu inginkan ke format adx dengan tool PES Sound File Converter yang sudah kamu download tadi.
  3. Ubah nama file lagu yang telah kamu convert tadi dengan nama "unnamed_**" dan letakkan di folder dt02.img pada kitserver.
  4. Langkah terakhir adalah membuat map lagu. Jika kamu menginstal PESEdit Patch 2012, maka pada direktori ...:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2013\kitserver13\pesedit akan ada sebuah file yang bernama songs.txt, yang isinya adalah map dari lagu. Berikut adalah urutan slot untuk memasukkan lagu ke PES 2013.

# Songs map (encoding must be UTF-8).
# format: <bin-id>, "<title>", "<artist>"

19, " ", " "
20, " ", " "
21, " ", " "
22, " ", " "
23, " ", " "
24, " ", " "
25, " ", " "
26, " ", " "
49, " ", " "
50, " ", " "
69, " ", " "
70, " ", " "
71, " ", " "
72, " ", " "
73, " ", " "
74, " ", " "
75, " ", " "
76, " ", " "
77, " ", " "

Contoh:
  • 19, "Wish You Were Here", "Avril Lavigne"

23 komentar

  1. emang bisa ya gan pes 2013 pake patch pesedit 2012???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau ane nggak bisa, kalau pun bisa, PES nya akan berantakan.

      Hapus
  2. Gan kenapa gak bisa di ganti namanya dengan unnamed_** ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud dari kode "**" adalah angka gan, untuk angka-angkanya sudah saya tuliskan di atas.

      Hapus
  3. gan klo nambahin lagu gmn ? bukan ganti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau ane sih nggak bisa gan. Karena Slot yang disediakan cuma itu, jadi jika agan ingin memasukkan sebuah lagu, maka lagu yang lain harus dikorbankan.

      Hapus
  4. gan aku habis insstal pesedit patch 2.3 lagunya malah berubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja gan, karena file lagu yang sebelumnya di replace oleh PESEdit.

      Hapus
  5. gan kalo ada pemberitahuan " Access Deenied" itu kenapa gan? pas mau nge-save data ada pemberitahuan kayak gitu

    BalasHapus
  6. kalo ga ada kitservernya,? ane update pake pesbox,,, caranya gmana gan?

    BalasHapus
  7. kalo saya gak pake kitserver, apa bisa gan, kalo bisa gimana caranya?, Thank Sebelumnya

    BalasHapus
  8. Saya gak pake PESedit apa bisa?

    BalasHapus
  9. Gan kok jadi kecil suaranya?

    BalasHapus
  10. kok ga bisa ya gan ?

    padahal udah saya ikutin semua cara" nya, tapi tetep aja kaga bisa gan.
    udah saya convert jadi file adx trus juga udah diganti namanya jadi unnamed.
    trus yg di songs.txt juga udah saya ganti jadi judul lagu yg saya masukin, tapi tetep aja kaga ada perubahannya. -__-

    BalasHapus
  11. kok ga bisa ya gan ?

    padahal udah saya ikutin semua cara" nya, tapi tetep aja kaga bisa gan.
    udah saya convert jadi file adx trus juga udah diganti namanya jadi unnamed.
    trus yg di songs.txt juga udah saya ganti jadi judul lagu yg saya masukin, tapi tetep aja kaga ada perubahannya. -__-

    BalasHapus
  12. gan gimana tuh cara nya gan ?
    punya saya kok ga bisa, padahal udah saya ikutin semua caranya gan.
    pas di playlist editor di option game juga ga ada lagu yg saya masukin, masih itu itu juga lagunya.
    ada video tutorialnya buat ganti soundtrack ga gan? biar lebih gampang ngerti caranya.

    BalasHapus
  13. sbnrnya bsa kok ditambah lagu, kan defaultnya dr 19, "" , "" ampe 26,"","" sma 49,"","" n 50, "," ... itu kan ada sisa slot lgi dr 69,"","" ampe 77,"," jdi bsa disi 8 track lagi.. tpi yg jdi prtanyaan drmna admin tw slot 69,"," ampe 77,","??? terus sbnrnya urutan angkanya gmana kok bsa dpt angka" sekian??? klo bsa diatas slot 77,"," mungkin bsa ditambah lagi tracknya...

    BalasHapus
  14. gan buat file adx suara supotter ditarok dimana yaa ? txh gan :D

    BalasHapus
  15. min,klo ganti lagu pas kita juara bisa gak??kan mantap klo lagunya we are the champion(queen) :) klo bisa kayak mana gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya belum bisa Gan, belum pernah ada yang buat tutorialnya.

      Hapus
  16. min,kenape ane mau ngesave song.txt muncul peringatan "accses is denied" ? :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu perlu izin administrator Windows. Apa Agan login di Windows sebagai administrator. Kalau nggak Agan bisa salin dulu file song.txt ke drive lainnya dulu untuk di edit.

      Hapus

Tulis komentar kamu pada kolom di bawah ini

 
© 2014 PES Hybrid
Designed by Lubie Blogger